Lafadz Niat Shalat Jum'at Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum. Shalat Jum’at sebagaimana kita ketahui adalah shalat yang dilaksanakan pada hari Jum’at sebagai pengganti shalat dzuhur secara berjamah. Adapun hokum melaksanakan shalat Jum’at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan juga berakal, sebagaimana tercantum dalam Alquran dan Hadits

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseur untuk melaksanakan salah pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (QS. Al Jumu’ah 62:9).

Nah ternyata sebelum kita melaksanakan sholat jumat ada niatnya, seperti apa bacaan niat sholat jum’at dalam bahasa arab itu, berikut adalah lafadznya.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى


Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Bacaan niat sholat jum’at > diatas adalah untuk makmum, dan jika Anda adalah seorang imam berikut adalah Lafadz niat sholat jum’at sebagai imam, selengkapnya adalah berikut:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى


Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta'ala.

Demikian lafadz bacaan niat sholat jum’at untuk ma’mum dan imam lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa.

Related Posts