Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi ilmu tentang bacaan ruku’ dan i’tidal dalam sholat sunnah maupun sholat wajib secara lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Sebelum kesitu kami tidak akan menjelaskan apa itu ruku’ dan i’tidal karena kami berasumsi bahwa Anda semua sudah paham gerakan sholat sehingga pembahaan ini tidak melebar kemana cukup tentang ruku’ dan i’tidal saja.

Bacaan Ruku' dan I'tidal

Bacaan Ruku' dan I'tidal dalam Sholat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sebetulnya banyak sekali bacaan ruku’ yang biasa Rasullah SAW baca, ini artinya Rasullah SAW terkadang membaca dengan sebuah bacaan ruku’ tapi terkadang pula Beliau membaca dengan sebuah bacaan ruku’, nah jika Anda penasaran seperti apa bacaannya berikut ruku’ dalam sholat lengkap arab, latin dan artinya.

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. (Dibaca 3x)
Artinya : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.

Demikian bacaan ruku’ dalam shalat lengkap arab, latin dan artinya yang dapat kami berikan ke Anda semuanya, kalau anda mau yang agak panjang dan lengkap silahkan belajar sendiri ya. : )

Bacaan I'tidal Lengkap Arab, Latin dan Artinya
I’tidal adalah sebuah rukun sholat yang tidak bisa ditinggalkan, i’tidal ini yaitu bangkit dari ruku’ sembari mengangkat kedua tangan sejajar telingga, seperti berikut:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

SAMI'ALLOOHU LIMAN HAMIDAH
Artinya : Allah mendengar orang yang memuji-Nya

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL'UL ARDHI WA MIL 'UMAASYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.
Artinya :
Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga artikel bacaan i'tidal dan ruku’ ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.

Related Posts