Bacaan Doa Kaffaratul Majlis / Doa Penutup Majelis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Penutup Majlis atau yang kita sebut dengan Doa Kaffaratul Majlis ini adalah merupakan doa yang sering dibaca ketika hendak mengakhiri sebuah majlis atau pengajian atau bisa juga perkumpulan. doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis ini dianjurkan dibaca karena dikhawatirkan dalam sebuah jama’ah telah berkata atau berbuat hal yang tidak berguna, oleh sebab itu diakhir pengajian haruslah membaca lafadz doa penutup majlis ini, mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan ampunan kepada kita atas segala apa yang telah kita lakukan dalam perkumpulan tersebut.

Doa Kaffaratul Majlis

Hal seperti diatas dapat kita jumpai dalam hadits berikut, Abu Hurairah R.A Berkata, Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berada pada suatu majlis, kemudian pada majlis tersebut tedapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majlis, mengatakan hal yang ini (Kaffaratul Majlis) , 'Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau,,aku memohon ampun pada-Mu.' Kecuali telah diampuni baginya apa yang ada pada majlis tersebut." (HR. Tirmidzi)

Nah jika Anda penasaran bagaimana doanya berikut adalah lafadz bacaan doanya secara lengkap bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya.

Doa Penutup Majelis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA
Artinya :
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Demikian lafadz doa kaffaratul majelis / doa penutup majelis semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya dan terus amalkan doa ini ketika pengajian/majlis akan berakhir, dan semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, Aamiin. Wallahu A’lam Bishowab.

Related Posts