Bacaan Niat Puasa Sunah Sya'ban Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Bulan Sya’ban adalah dimana bulan Rasulullah SAW menyukai puasa sunnah, karena menurut informasi bahwa bulan sya’ban adalah dimana amalan-amaln dinaikkan atau diangkat menuju Allah SWT. Jadi, Sebagai umat Nabi Muhammad, kita dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunnah sya’ban sesuai dengan kemampuan kita selama di bulan sya’ban.

niat puasa sunah sya’ban


Kalau diperhatikan banyak keutamaan dan hikmah dibalik puasa sya’ban ini, salah satunya adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan. Jika seseorang sudah terbiasa dengan berpuasa maka saat bulan suci ramadhan ini akan menjadi terbiasa.

Nah jika Anda penasaran bagaimana lafadz bacaan niat puasa sunah sya’ban berikut adalah ulasannya:

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
Artinya : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala

Memang sih para ulama ada yang berbeda pendapat mengenai dianjurkannya memperbanyak puasa di bulan sya’ban ini. Pendapat yang kuat adalah keterangan hadits dari Usamah Bin Zaid, beliau bertanya: “Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana Anda berpuasa di bulan Sya’ban.”. Lalu Nabi bersabda:

Artinya :
Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Nah demikian beberapa penjelasan mengenai puasa sunnah sya’ban semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, jika ternyata ada yang salah dalam artikel kami ini, kami atas nama pribadi dan kelompok, mohon maaf sebesar-besarnya. Wallahu A’lam Bishowab.

Related Posts