Lafadz Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Bismillah, bacaan niat zakat fitrah idul fitri secara lengkap adalah sebuah pembahasan yang lama ingin kami bagikan, karena dalam prakteknya penggunaan lafadz niat zakat fitrah sangat beragam, artinya kita bisa untuk berniat kepada diri sendiri, dan untuk orang lain.

Dengan demikian maka lafadz bacaan niat zakat fitrah pun juga berbeda-beda sesuai yang memfitrahkan. Namun pada intinya sama yaitu kita berniat untuk mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku.

Adapun dalam pelaksanaanya yaitu waktu mengeluarkan zakat fitrah yaitu pada bulan puasa ramadhan. Secara umum yang ada dalam masyarakat kita, biasanya kita mengeluarkan zakat pada 27
Ramadhan – 29/30 Ramadan atau yang lebih enak yaitu pada malam takbiran.

Itu sih syah-syah saja karena zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat ied (hari raya idul fitri), jika kita melaksanakannya setelah sholat idul fitri, maka ini tidak masuk dalam kategori zakat, melainkan hanya amal atau sedekah biasa.

Nah jika Anda ingin tau bagaimana lafadz niat zakatnya berikut adalah lafadz niatnya dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap dengan terjemahannya.

Lafadz Niat Zakat Fitrah

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA
 Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
 Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
 Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
 Artinya :
Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Baiklah demikian lafadz niat zakat fitrah lengkap arab, latin dan terjemahannya yang dapat kita sesuaikan secara kebutuhan kita, dan jika Anda kesulitan, minta bantuanlah pada petugas zakat dimasjid-masjid terdekat Anda.

Karena sama panitianya akan dijelaskan mengenai rukun-rukun zakat sampai besar zakat fitrah yang wajib dikeluarkan.

Terimakasih.

Related Posts